Selasa, 06 Oktober 2015
KOMUNIKASI
Kelompok 7 ANGGUR
Anatasya Gabrilea 10513830
Gina Permatasari 13513737
Muhamad Nurdin 15513753
Sinta Parwati 18513504
Yulsafa Tifanny 19513585
Mata Kuliah: Psikologi
Manajemen
Kelas: 3PA06
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Seperti
yang kita ketahui dalam kehidupan sehari-hari kita tidak pernal lepas dari yang
namanya komunikasi, baik secara langsung maupun tidak langsung. Komunikasi
secara langsung salah satunya dengan cara bertatap muka dan bertemu secara
langsung sedangkan komunikasi tidak langsung bisa melalui perantara orang
ketiga yang menyampaikan pesan nanti. Hal itu pasti selalu ada didalam
kehidupan bermasyarakat. Apalagi sifat manusia itu sendiri adalah makhluk
social yaitu makhluk yang tidak dapat hidup sendiri melainkan perlunya
interaksi dengan manusia lain. Salah satu bentuk konkrit dari interaksi ini
adalah komunikasi tersebut.
1.2 Rumusan Masalah
a. Apa
pengertian komunikasi menurut para ahli
b. Ada
berapa macam dimensi komunikasi dan jelaskan pengertiannya
1.3 Tujuan
Dapat
memahami dan menjelaskan definisi dari komunikasi beserta dimensi-dimensinya
yang meliputi Isi, Kebisingan, Jaringan dan Arah.
BAB II
PEMBAHASAN
A.Definisi
Menurut
Ruben dan Steward Komunikasi adalah suatu
proses mengaitkan individu yang satu dengan individu yang lainnya dalam suatu
komunitas, kelompok, organisasi dan masyarakat yang menciptakan dan merespon
pesan dengan tujuan beradaptasi dengan lingkungan yang satu dengan lainnya.
Menurut
Rogers
& O. Lawrence Kincaid Komunikasi merupakan
suatu interaksi dimana terdapat dua orang atau lebih yang sedang membangun atau
melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lain yang pada akhirnya akan
tiba dimana mereka saling memahami dan mengerti.
Menurut
COLIN CHERLY Komunikasi adalah proses dimana pihak-pihak saling
menggunakan informasi dengan untuk mencapai tujuan bersama dan komunikasi
merupakan kaitan hubungan yang ditimbulkan oleh penerus rangsangan dan
pembangkitan balasannya.
Menurut GERALD R. MILLER Komunikasi terjadi saat satu sumber
menyampaikan pesan kepada penerima dengan niat sadar untuk mempengaruhi
perilaku mereka.
Menurut William F. Glueck (Manajemen)
Komunikasi dapat dibagi menjadi dua yaitu Interpersonal Communications dan
Organization Communications. Interpersonal Communications adalah proses
pertukaran informasi serta pemindahan pengertian antara dua orang atau lebih
dalam kelompok kecil manusia. Sedangkan Organization Communications adalah
dimana pembicara secara sistematis memberikan informasi dan memindahkan
pengertian kepada orang banyak dalam organisasi dan kepada pribadi-pribadi
serta lembaga-lembaga di luar yang ada hubungannya.
Menurut
perilaku, komunikasi dapat dibedakan menjadi :
1. Komunikasi
formal
Komunikasi yang terjadi diantara anggota
organisasi / perusahaan yang tau caranya telah diatur dalam struktur
organisasinya, misalnya rapat kerja perusahaan, konferensi, seminar
dan sebagainya.
2. Komunikasi
informal
Komunikasi yang terjadi di dalam suatu
organisasi atau perusahaan yang tidak ditentukan dalam struktur
organisasi dan tidak mendapat pengakuan resmi yang mungkin tidak berpengaruh
terhadap kepentingan organisasi atau perusahaan, misalnya kabar burung,
desas-desus, dan sebagainya.
3. Komunikasi
nonformal
Komunikasi yang terjadi antara komunikasi
yang bersifat formal dan informal, yaitu komunikasi yang berhubungan dengan
pelaksanaan tugas pekerjaan organisasi atau perusahaan dengan kegiatan yang
bersifat pribadi anggota organisasi atau perusahaan tersebut, misalnya rapat
tentang ulang tahun perusahaan, dan sebagainya.
Maka dapat diketahui bahwa komunikasi formal,
informal dan nonformal saling berhubungan, dimana komunikasi nonformal
merupakan jembatan antara komunikasi formal dengan komunikasi informal yang
dapat memperlancar penyelesaian tugas resmi, serta dapat mengarahkan komunikasi
informal kepada komunikasi formal.
Dalam komunikasi terdapat 5 tingkatan
komunikasi yaitu sebagai berikut:
1. Komunikasi
massa bisa diartikan sebagai suatu jenis komunikasi yang diperuntukkan pada
ruang lingkungan hidup yang lebih luas dari jenis-jenis komunikasi yang ada
sebelumnya dan dilakukan melalui sebuah perantara yaitu media cetak maupun
media elektronik sehingga pesan yang sama bisa diterima dengan cepat dan
serentak.
2. Komunikasi
organisasi bisa dimakna sebagai jenis komunikasi dilakukan untuk memiliki ruang
lingkup yang lebih luas. Komunikasi dapat terjadi dalam penerimaan dan pengirim
berbagai informasi organisasi dalam sebuah kelompok informal maupun formal dari
sebuah organisasi dengan jumlah anggota relatif sedikit. Jenis komunikasi ini
dapat dilakukan dengan lebih dari 2 orang tetapi mempunyai ruang lingkungan
hidup yang kecil, dimana setiap individu memiliki pandangan dari setiap
informasi yang disampaikan.
3. Komunikasi
antarpribadi bisa dimaknai sebagai jenis komunikasi yang dilakukan oleh
seseorang dengan yang lain secara personal. Jenis komunikasi antarpribadi ini
dapat dilakukan dengan cara bertatap muka dua orang namun biasanya tidak
dilakukan secara tatap muka.
4. Komunikasi
intrapribadi yaitu suatu jenis komunikasi yang terjadi dalam diri seseorang
seperti proses dalam mengolah informasi melalui sistem sara dan pancaindra
manusia. Jenis komunikasi ini dapat dilakukan kepada satu orang saja, misalnya
berkomunikasi dengan diri sendiri atau sedang mengkhayal.
Komunikasi yang
efektif harus dilaksanakan dengan empat tahap yaitu pengumpulan fakta,
perencanaan, komunikasi dan evaluasi.
a. Pengumpulan Fakta. Mengumpulkan data dan fakta sebelum seseorang melakukan
kegiatan komunikasi.
b. Perencanaan. Berdasarkan fakta dan data itu dibuatkan rencana tentang
apa yang akan dibicarakan dan bagaimana mengemukakannya.
c. Komunikasi. Setelah perencanaan disusun maka tahap selanjutnya adalah
berkomunikasi.
d. Evaluasi. Penilaian dan analisa diperlukan untuk melihat bagaimana
hasil dari komunikasi tersebut.
B. DIMENSI KOMUNIKASI
1. Dimensi
Isi
Dimensi
isi disandi secara verbal dan menunjukkan muatan (isi) komunikasi, yaitu apa
yang dikatakan. Dalam komunikasi massa, dimensi isi merujuk pada isi pesan.
2. Dimensi
Arah
Komunikasi
dalam konteks ini dibagi menjadi dua, yaitu komunikasi satu arah dan komunikasi
dua arah. Komunikasi satu arah merupakan satu orang memberikan informasi kepada
orang lainnya tanpa ada timbal balik, sedangkan komunikasi dua arah merupakan
komunikasi dimana satu orang memberikan informasi ke orang lain, dan orang lain
juga memberikan informasi, sehingga terjadi pertukaran informasi diantara
keduanya.
3. Dimensi
Kebisingan
Tinggi
rendahnya suara yaang terdengar dalam melakukan komunikasi.
4. Dimensi
Jaringan
Sampai
sejauh mana seseorang meluaskan jangkauan informasinya dalam melakukan
komunikasi diantaranya ada komunikasi yang bergantung pada (jaringan satelit).
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Komunikasi merupakan suatu proses yang mempunyai
komponen dasar sebagai berikut: pengirim pesan, penerima pesan dan pesan. Semua
fungsi manajer melibatkan proses komunikasi. Proses komunikasi dimulai dengan
adanya pengirim pesan yang mempunyai ide untuk disampaikan kepada seseorang
agar dapat dipahami sesuai apa yang ia sampaikan. Kemudian pesan (informasi)
tersebut disampaikan melalui isyarat (simbol), baik verbal (kata-kata) maupun
non verbal (bahasa tubuh) melalui media komunikasi langsung (tatap muka), TV,
Radio, internet, dll. Setelah pesan diterima melalui indera, maka si penerima
mengartikan, atau menterjemahkan agar dapat dipahami olehnya. Setelah pesan
tersebut dimengerti, maka ada tanggapan atau isyarat yang berisi pesan dari
penerima agar pengirim pesan tahu dampak pesannya terhadap penerima pesan
(balikan). Disamping proses komunikasi diatas, juga ada gangguan yang
menghalangi suatu proses komunikasi yang akibatnya penerima salah mentafsirkan
pesan/isyarat tersebut.Arah komunikasi yaitu bisa secara vertikal (ke atas
maupun ke bawah) dan secara horizontal.
DAFTAR PUSTAKA
Basuki, Heru. 2008. Psikologi Umum. Jakarta: Universitas Gunadarma
Marnis. 2009. Pengantar Manajemen. Pekanbaru. PT Panca
Abdi Nurgama
Stoner,
James A.F. 1996. Manajemen. Erlangga:
Jakarta
E-JURNAL. PSYCHOLOGYMANIA. September 2013
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar